My Top 5 Productivity CLI Tools

Untuk orang yang suka bekerja di-terminal/console pasti akan kesulitan atau merasa bosan apabila output atau bahkan fungsi yang ditawarkan command default bawaan. Oleh karena itu saya mempunyai 5 CLI Tools yang membuat saya semakin jatuh cinta untuk terus melihat terminal/console.

Berikut 5 CLI Tools favorit saya :

Pet

Karena pekerjaan saya banyak berhubungan dengan Console, saya sempat berpikir, seharusnya command-command yang sering digunakan itu di simpan sebagai snippet sehingga tidak perlu mencari lagi command tersebut, ternyata ada tool yang bernama ‘pet’ yang sangat memudahkan saya untuk membuat database command yang sering digunakan.

Hal lain yang membuat saya jatuh cinta dengan pet mempunyai fitur “Sync, sehingga command2 yang di-add itu bisa disinkronisasikan ke server semacam gist github.

Dengan adanya fitur sinkronisasi ini saya tidak perlu repot2 apabila menggunakan device lain karena tinggal melakukan sinkronisasi saja semua snippet yang saya simpan bisa didapatkan dengan mudah.

Pet

Fd

A simple, fast and user-friendly alternative to ‘find’

Menurut saya jargon Fd memang benar, fd lebih cepat dari “find” (walaupun saya belum melakukan benchmark 😣). Disisi lain fd lebih mudah digunakan dibandingkan find, sebagai contoh saat saya ingin mencari file tertentu, biasa saya akan menggunakan command find . -name “*onedrive*, sedangkan dengan fd cukup dengan fd onedrive. Selain itu ada fitur color highlight yang membuat saya makin jatuh cinta dengan fd.

Fd

Ripgrep

Saya mulai mengetahui tentang ripgrep setelah sahabat saya Muhammad Ramdhan selalu menyarankan ripgrep saat saya menyakan gimana cara yang paling cepat untuk cari mem-filter pattern2 tertentu ‘pake ripgrep aja cepet’. Setelah saya coba gunakan ternyata ripgrep memang lebih bagus dibandingkan saya menggunakan command grep. Tapi walaupun seperti itu saya tetap menggunakan grep apabila ingin mem-filter pattern2 yang sederhana, lalu menggunakan ripgrep apabila pattern-nya komplex atau datasetnya banyak.

ripgrep

Colorls

Command ls menjadi salah satu command yang paling sering saya gunakan. tapi karena saya bosan dengan output dari ls saya menemukan colorls ini, colorls kurang lebih mempunyai fitur yang sama dengan ls tapi yang paling saya suka adalah fitur permission highligh dan icon file type yang membuat saya mudah untuk mengidentifikasi membedakan file-file tertentu, sehingga saya menjadikan colorls sebagai alias dari command ls .

Bat

Selain ls , cat menjadi command yang sering saya gunakan, karena bosan dengan tambilan cat yang hanya plain, ternyata ada bat yang mempunyai fitur bagus seperti line number dan syntax highlight.

Saya menjadikan bat sebagai alias untuk command cat karena memang saya suka dengan bat.

bat

--

--

Application & Cloud Security | Software Developer | CEH

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Muh. Fani Akbar

Muh. Fani Akbar

Application & Cloud Security | Software Developer | CEH